Sunday, December 29, 2013

Curry Puff Resep Bu Fatmah Bahalwan

Bismillah....
Kemarin saya mbikin pastel keong atau curry puff lagi. Sebenernya ini request dari suami, buat dibawa ke acara kumpul-kumpul teman-teman Indonesia disini. Kebetulan saya juga masih penasaran dengan karipap ini. Kali ini saya coba resep Bu Fatmah Bahalwan yang ada di web NCC-Indonesia.com. Alhamdulillah kali ini karipapnya lumayan sukses, lapisannya lebih keliatan daripada karipap yang sebelumnya. Karipap yang sebelumnya, saya pakai margarin semua untuk adonan A dan B. Untuk resep Bu Fatmah ini pakai margarin dan minyak. Saya pakai 1/2 resep asli, waktu menguleni adonan B, terjadi kesalahan, tepungnya saya campur air dulu, baru saya masukkan minyak, akibatnya adonan masih mawur, akhirnya saya tambahkan margarin lagi 20 gr. Saran saya, sebaiknya ikuti langkah2 sesuai resep Bu Fatmah, insyaAlloh pasti berhasil :)

Oya, saat memotong adonan 1-1,5 cm....kemudan digiling dan ditipiskan, jangan terlalu tipis menggilingnya karena jika terlalu tipis antar lapisannya rawan memisah. Juga saat memberi isian, jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak, saat pastel dirapatkan dan dicubit2/diplintir pinggirannya....antar lapisannya bisa terbuka. Berdasar pengalaman saya kemarin. Maunya saya buat mini, pas awal2 nggiling, ternyata adonannya terlalu tipis dan kekecilan, waktu diisi, ada beberapa yang layer nya terbuka, terutama pas digoreng. Alhamdulillah yang berikut-berikutnya ga. Tapi tetep aja ya mbikinnya masih kurang rapi...hehe...maklum heboh dengan krucil2 :))))

Menurut saya, karipap yang ini kulitnya renyah banget. Lebih gurih, karena adonanya pakai gula pasir sedikit. Jadi walau tanpa isian aja, sebenernya udah enak, renyah dan gurih. Suami lebih suka yang ini, katanya kalo makan ini sepotong, terasa kurang, pengen makan lagi....hehehe... :)


  



Curry Puff atau Pastel Lapis
Resep : Bu Fatmah Bahalwan NCC, saya pakai 1/2 resep asli

Kulit

Bahan A:
250 gr tepung terigu
150 gr margarine

Bahan B:
750 gr tepung terigu
80 gr minyak goreng
300 ml air dingin
50 gr gula
1 sdm garam

Cara Membuat:

Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan.
Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan.
Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dg 1 bagian adonan A ditengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 15 menit.
Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga kearah tengah.
Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung, dan padatkan. Lakukan hal yang sama pada tiga adonan lagi.
Potong-potong adonan horizontal setebal kurang lebih 1-1,5 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.
Gilas tipis tiap potongan, beri isi Kentang Bumbu Kari, dan bentuk menjadi pastel.
Goreng dalam minyak yang sudah panas, hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan. 

Note :
Saya pakai 1/2 resep. Waku menguleni adonan B, minyaknya saya masukkan belakangan, akibatnya adonan masih mawur, akhirnya saya tambah margarin 20gr. Sebaiknya ikuti langkah2 sesuai resep asli :)
Untuk step by stepnya bisa dilihat langsung di web NCC di link diatas.



Bahan Isi : (*ummi: isian pakai telur rebus dan tumisan wortel kentang)

Kentang Bumbu Kari
by Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr kentang
1 bh bawang bombay, cincang
3 bh bawang putih, cincang
3 sdm margarin
2 sdm bumbu kari bubuk siap pakai
1 sdt kaldu ayam bubuk
2 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal

Cara membuatnya:

Kukus kentang hingga matang, kupas, potong dadu kecil.
Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, masukkan kentang. Aduk rata.
Taburi bumbu kari bubuk dan kaldu ayam bubuk, aduk rata, tuangi saus tomat dan saus sambal, aduk hingga rata dan matang. Angkat.Dinginkan untuk siap menjadi isian.



6 comments:

  1. kulitnya itu yang bikin enak ya umm... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak....kulitnya renyah gurih....adonannya ditambah gula pasir sedikit, kulitnya jadi guriih ^^

      Delete
  2. Jadi berapa buah umm kalau bikin 1/2 resep asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa ya Mbak....Tergantung besar kecilnya juga, klo ga salah ini jadi 25-27an...waktu itu mau dibawa buat potluck ke masjid...

      Delete
  3. Mbak kok adonan a ny masih ngumpal ngk jadi: '((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adonan mentahnya Mbak? mungkin nguleninya kurang kalis.

      Delete